PERINGATI PUNCAK PERINGATAN HUT DWP KE-24, DWP SMA NEGERI 1 PURWODADI MEMBERIKAN PELATIHAN KEPADA PESERTA DAN SANTUNAN KEPADA ANAK YATIM - SMA Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan

Jumat, 08 Desember 2023

PERINGATI PUNCAK PERINGATAN HUT DWP KE-24, DWP SMA NEGERI 1 PURWODADI MEMBERIKAN PELATIHAN KEPADA PESERTA DAN SANTUNAN KEPADA ANAK YATIM


Kegiatan DWP SMAN 1 Purwodadi dalam acara puncak peringatan HUT DWP ke-24 (sman1purwodadi.sch.id/dok)


SMAN 1 Purwodadi, Grobogan Jumat (08/12/2023) SMAN 1 Purwodadi melaksanakan acara puncak peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-24 dengan tema “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan”. Acara tersebut dimulai pukul 09.30 WIB bertempat di Room Meeting SMAN 1 Purwodadi dan dihadiri oleh 56 anggota.

Ny. Sri Rahayu Imam Wahyudi, S. Pd. yang bertugas sebagai MC, memandu dan membuka acara puncak peringatan HUT DWP dengan penuh semangat. Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Ny. Dwi Yati Widayanti, S. Pd. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne DWP. Berikutnya, laporan ketua panitia kegiatan DWP oleh Ny. Ni’awam Kustika, S. Pd. dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMAN 1 Purwodadi, Bapak Denny Rachmadi, S. Pd., M. Kom.

“Dharma Wanita Persatuan merupakan salah satu bentuk pemberian dukungan kepada pasangan”, ucap Bapak Denny Rachmadi, S. Pd., M. Kom. dalam sambutannya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh ketua DWP SMAN 1 Purwodadi, Ny. Sayyidatul Fadlilah Denny Rachmadi, S. Pd., M. Kom. Dalam sambutannya, beliau menginformasikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan arahan DWP Cabang Dinas Wilayah IV Provinsi Jawa Tengah yang mengacu pada Keputusan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Nomor 208 Tahun 2023, tertanggal 31 Oktober 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan HUT Ke-24 Dharma Wanita Persatuan Tahun 2023 sekaligus merupakan tanggung jawab moral DWP sekolah memperingati HUT DWP setiap tanggal 7 Desember.

Ketua DWP SMAN 1 Purwodadi dalam sambutannya juga membacakan amanah ketua Umum DWP Ny. Franka Makarim yang tersurat di dalam Juklak HUT ke-24 DWP tahun 2023 yang poin-poin isinya disampaikan sebagai berikut.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia memiliki standing position dan mempunyai peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional. DWP juga dituntut harus mampu mengembangkan tugas dan amanat yang diberikan, yaitu berkiprah secara optimal yang berlandaskan visi dan misi organisasi DWP tersebut. HUT ke-24 DWP kali ini merupakan momentum yang bagus bagi pengurus dan anggota DWP di seluruh Indonesia untuk terus bersama-sama bahu membahu melaksanakan seluruh program kerja dan memastikan bahwa tujuan, visi, dan organisasi dapat tercapai.

 

HUT DWP ke-24 DWP dan hari ibu ke-95, DWP menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran terhadap peran strategis yang dimiliki oleh perempuan dan menambah wawasan untuk mengoptimalkan peran tersebut untuk menunjang pembangunan di berbagai pilar khususnya pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi berikutnya.

 

TPB/SDGs merupakan kemitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurang kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai tujuan. Upaya pencapaian target TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

 

Pemerintah sejak awal telah menginstruksikan setiap sektor pembangunan untuk mengedepankan prinsip kesetaraan, keadilan, dan inklusivitas. Potensi Perempuan bagi tanah air tidak bisa dipandang sebelah mata. Perempuan memiliki kontribusi besar mulai dari keluarga, lingkungan, hingga bangsa dan negara. Pelibatan perempuan dalam penyuarakan perubahan, turut berperan dalam pengambilan keputusan juga menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan mendorong pembangunan berkelanjutan. Perempuan memiliki peran strategis dan dapat berperan aktif untuk mengawal implementasi dan capaian dari semua tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 

Untuk itu dalam rangka HUT ini, DWP menyelenggarakan rangkaian kegiatan sebagai perwujudan program kerja yang menitikberatkan pada peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan. Hal ini karena perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas, seperti bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Untuk itu, sebagai organisasi masyarakat perempuan yang besar di Indonesia, sudah seharusnya DWP mengambil peran strategis berperan aktif dalam pembangunan nasional. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan DWP perlu lebih ditingkatkan (Sumber: Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan HUT ke-24 DWP Tahun 2023)

 

Setelah dibacakan teks amanah ketua umum DWP serta intisari dari amanah tersebut oleh ketua DWP SMAN 1 Purwodadi, puncak peringatan HUT DWP tersebut dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan membuat hantaran lamaran/ pernikahan oleh Ny. Dra. Ernin Jatiningtyas, M. Pd. Para anggota DWP tampak sangat antusias mengikuti pelatihan membuat hantaran dari mukena yang dibentuk menjadi boneka dan ayam.


Acara puncak peringatan HUT DWP ke-24  kemudian ditutup dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang bersumber dari dana infaq sukarela anggota DWP SMAN 1 Purwodadi. Santunan diberikan kepada 5 anak yatim piatu di SMAN 1 Purwodadi sebagai bentuk kepedulian dan rasa sayang anggota DWP SMAN 1 Purwodadi kepada siswa dan siswi yatim piatu.

Pemberian santunan kepada anak yatim piatu di SMAN 1 Purwodadi

 

(Editor: Susanti Dwi Pertiwi, S. Pd.)

https://www.instagram.com/reel/C0nMdsnSX9Z/?igshid=NjFhOGMzYTE3ZQ==


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.