SMAN 1 Purwodadi Sukses Menggelar Pameran Kreativitas dan Karya Siswa - SMA Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan

Rabu, 12 Oktober 2022

SMAN 1 Purwodadi Sukses Menggelar Pameran Kreativitas dan Karya Siswa



SMAN 1 Purwodadi – Siswa-siswi SMAN 1 Purwodadi menggelar pameran kreativitas dan karya siswa selama dua hari, Selasa – Rabu (11-12/10).  Pameran tersebut merupakan hasil kegiatan siswa-siswi SMAN 1 Purwodadi hasil Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Paancasila dengan tema rekayasa dan tegnologi.

”Kami dari SMA N 1 Purwodadi sebagai sekolah Adiwiyata mempunyai tiga tema. Pertama karya pengelolaan limbah dan sampah. Kedua karya tentang pembasmi hama, ketiga tegnologi tepat guna,” kata Rifan Ali Nurrahman (Guru ketua Projek IKM).

Dari hasil karya siswa tersebut diantaranya dengan membuat pengharum ruangan dengan barang limbah, mosran pembasi tikus, tempat sampah otomatis, aneka kerajinan bambu dan pemanfaatan barang limbah jadi nilai ekonomis. Kemudian pembuatan majalah dinding dengan barang bekas dikemas dengan lebih mearik.

”Kami mendorong inovasi siswa dan menjadikan sebagai siswa pelajar project Pancasila. Harapan kegiatan pelaksanaan siswa lebih termotivasi lebih kreasi inovasi siswa untuk kegiatan sehari hari,” ujarnya.

Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto  menambahkan, hasil karya kreatifitas siswa memiliki banyak inovasi dan kreatifitas. Yaitu dengan memanfaatkan limbah, tegnologi yang dikembangkan dan tegnologi baru.

”Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga tujuan pemerintah untuk mencipatkan pelajar Pancasila terwujud. Wujudkan kreatif inovatif . Jadi generasi emas jadi bersaing di kancah internasional. Tahun 2024 jadi tujuh negara yang berpengaruh di bidang ekonomi,” terang alumni SMA N 1 Purwodadi tahun 1979 ini.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa  Tengah Joko Santosa mengatakan, dengan adanya pameran ini bisa melahirkan generasi pancasila. Yaitu pelajar yang bertaqwa, beriman, bergotong royong religious, bisa generasi mandiri dan inovatif.

”Kegiatan ini bagus sekolah dan semoga ini bisa inspirasi sekolah yang lain. Tema ini rekayasa tegnologi. Saya akui rekayasa tegnologi SMA N 1 purwodadi sangat luar biasa,” tambahnya.

Kepala SMA N 1 Purwodadi Denny Rachmadi menyatakan, Pendidikan kurikulum Merdeka telah diterapkan di SMA N 1 Purwodadi. Kegiatan pameran karya siswa ini merupakan implementasi dari pembelajaran kurikulum merdeka dan pelajar Pancasila.

”Pameran karya siswa membentuk komponen belajar dari lingkungan. Harapan kami bisa membantu bagaimana mendorong. Memfasilitasi anak anak tuk menciptakan suasana lingkungan pembelajar,” tandasnya. 

Kunjun

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.